Pages

Saturday, March 22, 2014

Setu Keramban

Setu keramban, merupakan sebuah setu yang terletak di lingkungan kampus Universitas Indonesia. Setu keramban mempunyai fungsi yang cukup penting yaitu sebagai tempat penampungan aliran air atau sebagai waduk untuk menampung air hujan, yang sekarang sudah berubah drastis keadaan maupun fungsinya. Hal ini dikarenakan oleh ulah manusia yang tidak bertanggung jawab dan tidak peduli dengan lingkungannya.

Setu yang mempunyai luas awal 7,30 hektar dan kedalaman 7 meter ini berubah menjadi setu yang penuh dengan sampah-sampah limbah rumah tangga ataupun sampah-sampah warga sekitar yang sekiranya datang untuk memancing atau hanya untuk sekedar bersantai memandangi setu keramban. Akibat dari perilaku manusia tersebut pastinya menjadikan berkurangnya fungsi setu untuk menampung air karena banyaknya tumpukan sampah, tanaman enceng gondok maupun pembangunan gubuk-gubuk kecil untuk para pemancing yang menambah kekumuhan setu keramban yang luasnya kini hanya 4,20 hektar dan kedalaman 2 meter saja.


Menurut keterangan warga yang kami temui di lokasi, sampah-sampah limbah rumah tangga itu dihasilkan dari pasar dan rumah-rumah warga di sekitaran Pondok Cina yang membuang sampah limbah rumah tangganya ke selokan lalu berujung di setu keramban. Kami juga melihat sendiri banyaknya sisa - sisa sampah plastik minuman ataupun makanan yang kami temui di sekitar setu keramban.
Pemerintah sudah berusaha mengembalikan fungsi setu untuk menjadi waduk penampung air hujan dengan melakukan kerjasama pembersihan antara Pemda Depok dan Humas kampus Universitas Indonesia. Namun, hal itu belum berhasil untuk mengembalikan fungsi awal setu.








Kuisioner ke beberapa warga yang tinggal di sekitar setu Keramban:
1.    Apakah nama setu ini?
Setu Keramban.

2.    Berapakah luas areal setu Keramban?
Sekitar 7,30 Hektar.

3.    Berapa luas areal setu setelah terjadi kerusakan dan peralihan fungsi lahan?
Sekitar 4,20 Hektar.

4.    Berapa kedalaman awal setu Keramban?
Sekitar 7 Meter.

5.    Berapa kedalaman setu setelah terjadi kerusakan dan peralihan fungsi?
Sekitar 2 Meter.

6.    Apakah fungsi awal dari setu Keramban?
Sebagai waduk penampung air hujan.

7.    Apasaja bentuk peralihan fungsi dari setu Keramban?
Setu Keramban sudah beralih fungsi menjadi limbah sampah rumah tangga, tempat memancing, dan juga sudah dibangun gubuk-gubuk kecil di bantaran setu.

8.    Apa saja kebijakan dari pemerintah terhadap peralihan fungsi setu Keramban?
Kebijakan dari pemerintah yaitu dengan melakukan kerjasama pembersihan antara Pemda Depok dan Humas kampus Universitas Indonesia untuk membersihkan setu Keramban.




By : Novia Triani Gusman

Anggota Kelompok:
   Adithya Galih. P       (10513212)
Alika putri. AR         (10513701)
Farhan Vida.T          (13513244)
Firda Shara Amalia  (13513494) 
 Mita Afiatin               (15513515)
Novia Triani Gusman (16513541)
Nauval Darmanto      (16513366)
Ulfatus Saniyyah        (19513042)
 Poppy Sopianti          (16513871)






0 comments:

Post a Comment