Pages

Sunday, November 20, 2011

“Every Body Hurts” by: REM


When your day is long and the night, the night is yours alone,
(ketika siang-siangmu sangat panjang dan malammu, malammu sepi)
When you’re sure you’ve had enough of this life, well hang on
(ketika kaumerasa telah berkecukupan dalam hidup, ya, pertahankan itu!)
Don’t let yourself go, ’cause everybody cries and everybody hurts sometimes
(jangan biarkan dirimu terpuruk, sebab semua orang pasti pernah menangis dan semua orang pasti pernah terluka)
Sometimes everything is wrong. Now it’s time to sing along
(terkadang semuanya nampak salah, namun kini saatnya untuk bernyanyi)
When your day is night alone, *hold on, hold on*
(kala siang dan malammu teramat sunyi, *bertahanlah, bertahanlah*)
If you feel like letting go, *hold on*
(jika kaumerasa terabaikan ,* bertahanlah*)
If you think you’ve had too much of this life, well hang on
(jika kaumerasa telah memiliki terlalu banyak dalam hidup ini, pertahankanlah)
‘Cause everybody hurts. Take comfort in your friends
(sebab semua orang pernah terluka. Rasakan kenyamanan dalam persahabatanmu)
Everybody hurts. Don’t throw your hand. Oh, no. Don’t throw your hand
(semua orang pernah terluka. Jangan putus asa. Oh tidak, tidak. Jangan putus asa)
If you feel like you’re alone, no, no, no, you are not alone
(jika kaumerasa sendirian, oh tidak, tidak, tidak, kau tak sendirian)
If you’re on your own in this life, the days and nights are long,
(jika kau sendirian, siang dan malammu begitu sepi)
When you think you’ve had too much of this life to hang on
(saat kaupikir terlalu banyak yang harus dipertahankan dalam hidup ini)
Well, everybody hurts sometimes,
(ya, semua orang pasti pernah terluka)
Everybody cries. And everybody hurts sometimes
(setiap orang pasti pernah menangis. Dan semua orang pasti pernah terluka)
And everybody hurts sometimes. So, hold on, hold on
(semua orang pernah terluka. Maka bertahanlah, bertahanlah)
Hold on, hold on, hold on, hold on, hold on, hold on
(bertahanlah, bertahanlah, bertahanlah, bertahanlah, bertahanlah, bertahanlah)
Everybody hurts. You are not alone
(semua orang pernah terluka. Kau tak sendiri)


            Everybody Hurts adalah lagu REM yang dirilis dalam album Automatic for the People pada 1992. Kemudian dirilis juga dalam single pada 1993. Lagu Everybody Hurts diciptakan oleh sang drummer Bill Berry. Walaupun namanya muncul dalam album, namun Bill tidak bermain drum dalam lagu ini, melainkan memprogram mesin drum Univox. Aransemen string dalam lagu ini ditulis oleh pemain bass Led Zeppelin John Paul Jones.
            Dalam video klip Everybody Hurts yang disutradarai oleh Jake Scott dan difilmkan di San Antonio, Texas tersebut, mengisahkan tentang para personel REM yang terjebak di jalanan yang macet, kemudian pikiran orang-orang di dalam mobil muncul dalam bentuk teks. Akhirnya mereka keluar dari mobil dan berjalan, kemudian menghilang.
            Pada 1995, lembaga bantuan untuk orang-orang yang ingin bunuh diri di Inggris, The Samaritans, menggunakan lirik lagu Everybody Hurts dalam iklan mereka. 
            Pada 1999, The Corrs merilis album Unplugged yang merupakan bagian dari seri MTV Unplugged. LaguEverybody Hurts menjadi trek bonus dalam album itu. Sesi perekaman album Unplugged berlangsung pada 5 Oktober 1999 di depan para penggemarnya di Ardmore Studios, Irlandia dan dirilis dalam bentuk CD, DVD, dan VHS.
            Pada 2005, Paul Anka merekam ulang Everybody Hurts dengan versi swing jazz dalam albumnya, Rock Swings, yang didalamnya terdiri dari nomor-nomor hits rock and pop yang populer dari pada 1980-an hingga 1990-an.
            Pada 2006, dalam sebuah poling acara TV Channel 5 'Britain's Favourite Break-up Songs', lagu Everybody Hurts menduduki peringkat keempat.
            Pada 2007, Patti Smith merilis album cover version berjudul Twelve melalui Columbia Records. LaguEverybody Hurts diikutsertakan dalam album itu sebagai trek bonus.
            Pada 2010, Everybody Hurts dipilih oleh Simon Cowell sebagai single dalam acara amal untuk mengumpulkan dana bagi korban gempa Haiti. Lagu ini terjual sekitar 200.000 copy selama dua hari, dan ini menjadi penjualan lagu tercepat pada abad-21 di Amerika Serikat.
            Menurut survei PRS for Music baru-baru ini, lagu Everybody Hurts yang diciptakan pada 1992 menduduki puncak teratas daftar polling.
"Lagu yang dapat mengurai air mata yang ditulis dengan baik dapat menghubungkan orang-orang disertai dengan rasa berempati, ini berhubungan dengan lirik yang dapat menyentuh lubuk emosional paling dalam seseorang, bahkan dapat menyentuh seorang manusia yang paling tegar sekalipun " jelas Ellis Rich, ketua PRS Music dalam sebuah pernyataannya. 
            Lirik lagu "everybody hurts" ini menurut saya mengandung makna yang dalam, serta mengandung inspirasi hidup positif. Lagu ini memberikan kekuatan pada orang yang tengah berduka, untuk tidak merasa kecil hati. Bahwa semua manusia pasti pernah bersedih, berduka, terluka. Dan ketika seorang manusia berduka, bersedih dan terluka, ia tidak sendiri. Karena seluruh manusia lainnyakan juga turut merasakan sedih, duka dan luka, bagaikan satu keluarga dan saudara yang terpaut hati. Lalu dari turut merasa itu, akan ada tangan-tangan hati yangkan saling menyatu tuk saling berbagi, berbagi dalam menyembuhakn luka, duka, dan sedih tersebut.
            Inspirasi utamanya adalah manusia harus berkeyakinan bahwa di dunia ini manusia tidak sendiri, pasti ada Allah SWT yang selalu ada untuk membantu dan menuntun manusia. Dan pastinya  Allah SWT tidak akan memberikan cobaan dan ujian (masalah hidup) melebihi batas kemampuan manusia. Allah SWT-pun pasti mempunyai maksud baik pada manusia dengan memberikan masalah hidup berupa musibah dalam hidup itu.
            Lirik lagu everybody hurts ini bagi saya juga meninspirasi manusia tuk tetap selalu bertahan dan jangan menyerah. Bertahan dalam menjalani hidup, bertahan dan jangan menyerah dalam berikhtiar dan bangkit dari kesedihan serta duka untuk menggapai hidup yang lebih baik lagi. Gelap itu takkan selamanya, karena masih akan ada pagi yang cerah dibalik gelapnya malam selama bumi masih berputar. 
            Musibah yang terjadi dalam hidup, belum tentu suara Allah SWT yang berteriak parasit pada manusia. Walau cermin diri tentu tidak boleh ter
lupa, namun hati harus tetap terjaga untuk tidak terjatuh dalam penyesalan hidup.
            Tidak mudah tentu menguatkan hati terutama ketika diri sendiri yang mengalami musibah tersebut. Menguatkan hati orang lain tuk semangat dalam menjalani hidup serta semangat dalam menghadapi masalah hidup saja rasanya saya belum mampu sesempurnanya keutuhan hati. Begitupun dalam berbuat lebih banyak dalam membantu meringankan beban para korban bencana alam, seperti banjir bandang, tsunami, gunung meletus dan sebagainya.

1 comments:

Miss Rizkha Sharing Page said...

Sejarah singkat lagi yg menarik. Baru tau interesting fact yg dihadirkan. Keren juga summary nya. Terima kasih sudah berbagi

Post a Comment